Senin, 03 Maret 2014

Pan-Fried Beef Tenderloin with BBQ Sauce


Semenjak saya suka masak, order makanan dari suami semakin challenging. Malam weekend kemarin dia minta dibikinin steak. Pas lah, memang saya juga lagi pengen holycow..tapi karena disini ngga ada holycow..marilah kita ngoliko wannabe saja :)
Karena di luar hujan, saya nggak pakai Mastro grill disamping itu arangnya jg pas lagi habis. Akhirnya setelah cek resep sana cek resep sini, ketemulah resep pan-fried beef tenderloin yang cara masaknya hanya menggunakan pan di kompor. Saya sendiri belum tahu cara memastikan tingkat kematangan daging saat dibakar. Selain tidak punya termometer cooking, saya juga kurang handal melakukan tes tekan jari. Karena suami minta tingkat kematangan well done, saya pikir bakarnya agak lama karena dagingnya juga cukup tebal. Daging saya memang matang dan cukup empuk, namun kelembapannya menurut saya sih masih kurang...kurang juicy gitu. Jadi, next kalau bakar steak saya mau nyoba dengan tingkat kematangan medium atau medium well. Untuk resep steak saya ambil dari www.myrecipes.com, linknya ada disini Pan-fried beef tenderloin

Pan-Fried Beef Tenderlion 

Bahan :
  • 2 sdm rosemary kering
  • 2 sdm olive oil
  • 1 sdt garam 
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 2 siung bawang putih dihaluskan 
  • 400 / 500 gr daging tenderloin 
Cara Membuat :
  1. Campur semua bahan marinasi, balurkan pada daging tenderlion. Biarkan 1 jam dalam suhu ruangan.
  2. Panaskan pan teflon di atas api sedang sampai panas tinggi. Angkat daging dari piring, buang bumbunya. Masukkan steak dalam pan, masak selama 2 menit tanpa dibolak balik atau sampai daging mudah diangkat dari pan. Balik daging, masak 2 menit. Balik lagi daging dan masak dengan tambahan waktu 2 menit atau sampai tingkat kematangan yang diinginkan. Diamkan selama 5 menit.
  3. VoilĂ ! It's ready to use 
Pelengkap :
  • wortel dan buncis diseduh air panas sebentar, tumis selama 2 menit dengan olive oil dan taburi dengan italian herbs. Pertahankan agar tetap renyah. 
  • kentang dipotong-potong sesuai selera dan digoreng hingga kuning keemasan.
 
Sedangkan untuk sausnya, pilihan saya kemarin adalah saus BBQ. Resep yang saya pakai adalah dari foodnetwork, Meely's BBQ Sauce. Saya sempat bingung dengan salah satu bahan yaitu worcestershire sauce..nah looo apa tuh? Cari-cari info ngga taunya itu adalah kecap Inggris. Cara membuat saus BBQ ini cukup mudah, tinggal dicampur-campur dan diaduk-aduk..jadi deh :) Link resep asli ada di sini
Neely's BBQ Sauce

BBQ Sauce

Bahan : 

2 cups saus tomat
1 cup air
1/2 cup cuka apel
5 sdm gula palem
5 sdm gula pasir
1/2 sdm black pepper
1/2 sdm bawang putih halus (lebih bagus bubuk garlic)
1/2 sdm mustard
1 sdm lemon juice
1 sdm kecap Inggris

Cara Membuat : 

Dalam panci sedang, campurkan semua bahan. Masak sampai mendidih dan kecilkan api bila sudah mendidih. Masak perlahan sambil diaduk selama 1 jam 15 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar