Rekomendasi Tempat Makan



Kuliner di Salatiga 

Selain ketemu keluarga, urusan penting yang tidak boleh dilupakan di Salatiga adalah kulinernya. Berikut daftar yang bisa membuat berat badan kita berbanding lurus dengan kepuasan lidah kita. 

1. Soto Esto & Soto Parmoso

Memulai hari di Salatiga baiknya perut diisi dengan yang hangat-hangat untuk mengimbangi udara dingin disana. Sebetulnya banyak pilihan soto, tapi saya merekomendasikan Soto Esto dan Soto Parmoso. Masing-masing soto ini punya kekhasan tersendiri. Soto Esto yang beralamat di jalan Langensuko ini kuahnya sedikit bersantan, cocok dimakan dengan tempe goreng dan suwiran ayam kampung dilumuri kecap. Sedangkan Soto Parmoso yang bertempat di jalan Pungkursari, kuahnya lebih ringan namun tidak kalah sedap citarasanya, cocok dimakan dengan sate kerang. Yum!

2. Gudeg Miroso Hj Sukini

Letaknya di daerah perempatan pasar sapi. Gudeg ini juga cocok dimakan sebagai sarapan berat. Selain bisa memilih ayam dan telur sebagai lauk pendamping gudeg, kita juga bisa memilih koyor sapi yang empuk dan lembut sehingga meleleh di mulut. 

3. Sate Sapi Suruh 

Bertempat di pusat kota, Jl Jend Sudirman, warung sate ini sudah buka sejak siang hingga malam hari. Warung ini menjual sate sapi sebagai masterpiecenya, disamping itu ada pula menu sate ayam, mie ayam dan bakso. Tapi saya merekomendasikan sate sapi yang rasanya bikin kangen. Sate sapi ini cita rasanya cenderung manis, disajikan dengan bumbu kacang yang tidak terlalu halus dengan rasa yang gurih manis, lebih enak dimakan dengan ketupat. 

4. Ronde Jago

Setelah makan sate Suruh, jangan pergi jauh-jauh dulu dari lokasi. Mampirlah ke ronde Jago yang letaknya berada di belakang deretan ruko sate Suruh. Ronde ini begitu istimewa karena tidak disajikan berupa wedang ronde dan kacang, namun ada tambahan item seperti pacar cina, agar-agar, kolang kaling, kulit jeruk kering maupun buah bligo yang semakin menambah citarasanya. Kalau masih ingin ngemil, disini juga tersedia mie kopyok dan batagor kok.


5. Bila ingin menikmati udara malam dan suasana malam di kota Salatiga, di sepanjang Jl. Jend. Sudirman juga tersedia warung-warung ronde lesehan dan jagung bakar yang bisa dikunjungi. 

6. Bakso Planet & Bakso Babat Taman Sari

Di Salatiga yang hawanya adem memang paling pas isi perut dengan yang hangat-hangat.  Sama seperti soto, bakso ini juga punya keunggulan masing-masing. Bakso Planet yang letaknya di jalan Sukowati memiliki nilai plus karena ada bakso gorengnya yang gurih. Sementara bakso Taman Sari, disamping pilihan variasi baksonya cukup banyak, andalannya adalah babatnya yang lebut dan tidak alot. 

7. Bubur Tumpang Koyor

Makanan tradisional khas Salatiga adalah Sambel Tumpang, yaitu tahu yang dimasak dengan tempe yang sudah setengah busuk, santan, cabe, serta bumbu rempah yang membuat cita rasanya unik dan khas. Biasanya sambel tumpang ini dimakan dengan bubur nasi sebagai sarapan. Nah, kita juga bisa mencobanya di bubur tumpang koyor Salatiga Plaza yang buka sejak pagi sampai siang saja.