Selasa, 25 Maret 2014

Milk Bread (Japanese Tangzhong - Metode Water Roux)


Setelah kesuksesan yang tertunda (halaaah...bilang aja gagal hehe) mengeksekusi resep mba Nikmatul tentang roti tanpa diuleni dan tanpa lengket, saya beralih pada metode lain untuk menakhlukan si roti. Melihat-lihat review di internet, metode yang paling oke bagi beberapa orang adalah metode water roux yang saya temukan di website food.com. Ngga apa-apa deh resepnya pakai diuleni, sekalian olah raga  biar sehat terus. Roti ini saya isi dengan pisang coklat dan ada yang saya buat sebagai bun untuk nanti bikin burger. Sisanya saya tipiskan sebagai dough pizza ala Italia. Walau belum semulus roti-roti pada umumnya, tapi ini pencapaian yang lumayan sukses bikin roti selama ini :p Yuk ah baking! Kalau mau lihat resep asli dan review dari yang sudah pakai resep ini ada di Milk Bread (Water Roux) www.food.com


Bahan-bahan :

Water roux :
25 gr tepung terigu (saya pakai protein tinggi)
125 ml air
water roux

350 gr tepung terigu protein tinggi
6 gr instant yeast
55 gr gula
5 gr garam
7 gr susu bubuk
1 telur
125 ml susu cair tawar
30 gr butter, haluskan

Isian sesuai selera, bisa pisang; coklat; keju; daging; dll

Cara Membuat :
  1. Membuat tangzhong (water roux) : aduk bersama 25 gr terigu dan 125 ml air di panci kecil.
  2. Panaskan di atas api sedang sambil diaduk sampai mengental, angkat dan dinginkan sampai suhu ruangan dengan ditutup plastik.
  3. Siapkan mixer, masukan susu, telur dan adonan tangzhong, mixer sampai semua tercampur rata.
  4. Masukkan semua bahan kecuali butter, mixer sampai rata. 
  5. Bila sudah rata, masukan butter, mixer lagi sampai adonan menjadi kalis.
  6. Bisa dibantu dengan diuleni sampai adonan menjadi elastis. Bulatkan adonan.
  7. Istirahatkan adonan sampai mengembang 2x dari ukuran semula (ditutup dengan plastik). Kurang lebih 1 jam, tergantung suhu.
    sebelum dan sedudah diistirahatkan
  8. Bila sudah mengembang 2x lebih besar, kempiskan adonan dan potong masing-masing 50 gr, bulatkan dan istirahatkan lagi selama 15 menit. 
  9. Sesudah adonan mengembang lagi, giling, isi dan bentuk sesuai selera. 
  10. Olesi permukaannya dengan menggunakan kuning telur yang dicampur sedikit air. 
  11. Masukkan dalam oven yang sudah dipanaskan dalam suhu 200 derajat Celcius selama kurang lebih 15-20 menit sesuai dengan besar adonan (semakin besar semakin lama), atau sampai roti berwarna golden brown. Bila tidak menggunakan olesan kuning telur, dapat juga diganti dengan olesan butter saat roti diangkat dari oven (dalam keadaan panas).
  12. Tambahan info berguna --> NOTE: for those of you who do not have a scale, the measured ingredients would be: tangzhong=2 Tbsp + 2 tsp flour, 1/2 c water, Recipe=2 1/2 c bread flour, 2 tsp instant yeast, 4 T sugar, 1 tsp salt, 4 tsp milk powder, 1 egg, 1/2 c milk, 3 T butter.