Senin, 24 Maret 2014

Hutspot Met Klapstuk


Waktu jaman masih ngantor di BII, saya punya bos yang doyan bener makan enak, namanya mba Meiske. Suatu saat habis pulang kantor, kami tim rekrutmen ber 4 (mba Meiske, mba Chris, Irma, dan saya - I miss you girls!!) pergi ke TIS Square Tebet untuk nyobain makanan Belanda. Yang merekomendasikan tempat ini adalah mba Meiske yang masih ada bau-bau Belandanya entah dari silsilah ke berapa (peace mba!). Tempat yang kami tuju adalah HEMA Dutch Resto. Saat buka-buka menu yang pakai bahasa Belanda semua dan banyak nanya ke waitress, saya direkomendasikan untuk pesan Hutspot Met Klapstuk yang ternyata artinya mashed potato ketemu daging klapstuk plus cream sauce. Oke deh, saya manut karena menu itu termasuk chef recommendation. Sementara yang lain ada yang pesan Stamppot Met Worst yang ternyata mashed potato ketemu sosis yang guedeee dengan Holland sauce atau Hollanda Steam Fish yang juga enak. Untuk cemilan disana banyak variasinya seperti bitter ballen, risolles, holland kroket, dan masih banyak makanan enak disana..enak-enak semua heheheheh.... Setelah kunjungan pertama itu, saya jadi lumayan sering ke sana, apalagi saya juga pas pindahan ke Tebet, jadi deket deh kalo mau ke TIS.....hahaha alasaaan..padahal doyan dan jatuh cinta dengan Hutspot Met Klapstuk. 



Sekarang ini semenjak suka masak, saya juga penasaran untuk bikin sendiri makanan yang pernah saya makan dulu. Saatnya memasak hutspot....agar otentik dengan rasa Holland saya sengaja cari-cari source asal Belanda dan ketemulah Let's Go Dutch dengan resep hutspot ini namun untuk eksekusinya disesuaikan ala saya. Karena saya kenal makanan ini pertama di HEMA, makanya saya bikin dengan cream sauce ala HEMA, yang ternyata kata teman saya yang tinggal di Belanda (Halo Lukie!) hutspot biasanya dimakan untuk makan malam disertai dengan sosis, tapi ngga ada saus-saus krim seperti di HEMA. 

Bahan : 

Hutspot :
3 siung bawang putih, haluskan
4 buah kentang ukuran sedang
2 buah wortel (saya pakai 1 karena seingat saya versi HEMA wortelnya cuma seuprit)
1/2 cup susu segar
4 sdm butter
garam
merica 

Klapstuk :
300 gr daging sapi

Cream sauce
Jamur kalengan, iris2
2 sdm butter
1 siung bawang putih, haluskan
150 ml fresh cream 
garam secukupnya 
1/2 sdm tepung maizena, cairkan dengan sedikit air

Cara Membuat : 
  1. Rebus kentang dan wortel sampai lunak, kupas dan haluskan.
  2. Panaskan butter, tumis bawang putih halus, masukkan kentang dan wortel yang sudah halus, aduk
  3. Masukkan susu segar, garam dan merica, aduk, tunggu sampai kuahnya menyusut. 
  4. Daging sapi direbus dengan sedikit garam dan merica sampai empuk, potong-potong sesuai selera. 
  5. Saus :  panaskan butter, tumis bawang putih, masukkan jamur dan garam, masukan fresh cream, aduk, masukkan maizena cair, aduk hingga matang. 
  6. Sajikan hutspot, klapstuk dan sausnya. 























Tidak ada komentar:

Posting Komentar