Senin, 24 Maret 2014

Lumpia Semarang Mini


Waktu kecil saya ngga doyan lumpia, entah kenapa ngga suka aja sama bau rebungnya yang dulu kayanya aneh. Tapi begitu gede malah doyan banget, kuwalat hehehe. Jadi sekarang kalo ke Semarang diusahakan bisa mampir beli lumpia. Dulu tante dan om saya suka beliin lumpia yang di mataram, tapi sekarang saya lebih suka mampir ke lumpia express dengan alasan sekalian mau jalan-jalan di daerah gajah mada. Nah, semenjak suka masak dan disini ngga ada yang jual lumpia, saya rajin blog walking cari tahu bagaimana bikin lumpia, akhirnya 'parkir' lama di blognya mba Diah Didi karena saya tergoda dengan Lumpia Semarang mba Diah Didi. Waktu itu saya nanya sama mba Diah gimana kalo ngga ada rebung segar dan harus pakai rebung kalengan, trus ada rekomendasi merek rebung kaleng yang enak atau ngga karena saya belum pernah masak rebung dan dalam bayangan saya rebung itu baunya ngga enak. Karena belum pernah nemu rebung segar (jarang juga ke pasar), makanya saya simpen dulu aja hasrat masak lumpianya. Eh, lha kok kemarin pas ke hypermart saya lihat di samping tumpukan tofu-tofu dan segala jenis asinan, ada tumpukan rebung yang dikemas plastik kemasan kecil-kecil. Langsung deh saya ngambil dan niat bikin lumpia. Nah kebetulan di rumah masih ada sisa kulit lumpia tapi yang ukuran kecil, ya sudah lah sebagai percobaan saya bikin lumpia versi mininya saja.
Untuk resepnya saya pakai dari Sajian Sedap disini dan saya tambahkan acar mentimun serta daun bawang...widiiiih...serasa makan loenpia aseli di Semarang lho...:)

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
15 lembar kulit lumpia
2 sendok makan tepung terigu dan 1 sendok makan air, dilarutkan untuk perekat
minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
3 siung bawang putih, dicincang halus
1 sendok teh ebi sangrai, dihaluskan
50 gram udang, dicincang kasar
50 gram ayam, dicincang kasar
2 butir telur, dikocok lepas
200 gram rebung kaleng, diiris korek api
1 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan Saus:
1 siung bawang putih, dihaluskan
300 ml air
50 gram gula merah, disisir halus
1/4 sendok teh merica bubuk
25 gram gula pasir
3 sendok makan tepung sagu dan 1 sendok makan air, dilarutkan untuk pengental

Cara Pengolahan :
  1. Isi: panaskan minyak. Tumis bawang putih dan ebi sampai harum. Tambahkan udang dan ayam. Aduk sampai berubah warna.
  2. Sisihkan di pinggir wajan. Masukkan telur. Aduk sampai berbutir. Tambahkan rebung. Aduk sampai layu.
  3. Masukkan kecap manis, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai meresap.
  4. Ambil selembar kulit lumpia. Beri isi. Lipat dan gulung. Rekatkan dengan larutan tepung terigu. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.
  5. Saus: rebus bawang putih dan air sampai mendidih. Masukkan gula merah, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk sampai larut.
  6. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sampai meletup-letup.
  7. Sajikan lumpia dengan sausnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar