Senin, 17 Februari 2014

Roti Manis Sobek (Percobaan Pertama)


Karena di FB NCC lagi heboh resep sweet roll bun-nya mba Nikmatul Rosidah yang digadang-gadang pembuatannya simple, tanpa mixer, dan yang penting tanpa proses uleni yang heboh, maka saya sebagai murid baru di dunia perbakingan pun ikutan latah. Harapannya bisa bikin roll seperti punya mba Nikmatul yang mengingatkan saya pada roti pisang toko Lumayan, roti favorit saya saat kecil. Sampai dengan proses pengistirahatan adonan pertama tampaknya tidak ada kendala, adonan saya membumbung 2x lipat seperti yang dicontohkan. Tapi begitu sampai proses mengempiskan adonan, kok sepertinya adonan saya lengket dan lembek sekali. Sementara tepung serbaguna untuk membuat roti ini juga sudah habis, yang ada hanya tepung protein tinggi. Dengan modal nekad, saya berusaha untuk menggiling adonan dengan rolling pin dibantu dengan tepung yang tidak sesuai dengan resep. Sekali giling, dua kali giling, tiga kali giling...hmmmmm....kok lengket terus ya...dan saya hampir frustrasi hahahahaha.....saya nyerah deh kalo adonan roti. Akhirnya saya bulat-bulatkan saja adonannya dan masuk ke loyang, ya sudah kalau tidak bisa bikin sweet roll bun bikin roti manis sobek aja lah :) Saya bikin 3 rasa, kismis, coklat dan keju. Sisa adonan saya masukan ke dalam cetakan muffin besar dan saya isi pisang & coklat. Setelah diistirahatkan untuk kedua kalinya dan akhirnya masuk oven, saya senang karena roti saya ngembang! Yeay! Tapiiiiii...setelah 15 menit dan oven saya bunyi Ting....saya kembali patah hati..karena permukaan roti saya keriput, ngga mulus, ngga cantik...kurang krim anti aging..heheh becanda :) Walau bagian dalamnya berserat layaknya roti yang dibanting-banting dan diuleni, dan teksturnya lembut sekali, tapi saya masih kurang sreg dengan permukaannya.. Kalau saya evaluasi karena memang di awal pembentukan adonan tadi memang saya tidak rapi, karena lengket saya asal aja membentuk bulatan-bulatan. Next, percobaan kedua musti lebih rapi aja nih. 
 

Ini dia resep sweet bun-nya mba Nikmatul Rosidah (NCC)

Bahan : 

1 1/4 cup (300 ml) susu segar hangat 
2 sdt ragi kering / yeast
50 gr gula pasir
1 telur, suhu ruangan, kocok ringan
56 gr unsalted butter suhu ruangan, lembutkan dengan garpu
1 sdt garam
450 gr tepung terigu protein sedang, ayak
sedikit butter untuk olesan
Keju, kismis, coklat, pisang - untuk isian, sesuai selera

Cara Membuat : 
  1. Tuangkan susu hangat (jangan terlalu panas, nanti raginya mati) ke dalam mangkok, lalu tuang ragi, biarkan selama 5-10 menit sampai ragi berbusa.
  2. Masukkan telur, gula, butter, garam, campur sampai rata.
  3. Masukkan tepung terigu sampai adonan tercampur. Tutup dengan plastik, diamkan di tempat hangat selama 1 jam sampai mengembang 2x lipat dari adonan semula.
  4. Kempiskan adonan, lalu tutup lagi.
  5. Bagi-bagi adonan, potong dan bentuk sesuai selera. 
  6. Taruh di loyang, tutup plastik, istirahatkan lagi 20 menit. 
  7. Panaskan oven di suhu 180 derajat Celcius. Bila sudah panas, oven roti selama 12 menit. Keluarkan, olesi permukaannya dengan butter.

sebelum masuk oven

setelah dioven

Tidak ada komentar:

Posting Komentar