Rabu, 26 Maret 2014

Mexican Coffee Buns (Rotiboy) Rumahan


Mexican coffee buns atau coffee cookie buns adalah sejenis roti manis yang diberikan topping rasa kopi dengan filling butter beku yang nanti meleleh saat dipanggang. Kayanya kenal ya sama jenis makanan ini...ya iya laaaah sering beli.....Merk terkenal yang menjual mexican coffee buns ini adalah Rotiboy yang berasal dari Penang Malaysia dengan gerai yang sekarang tersebar juga di Indonesia dan bisa kita nikmati, baik saat di mall maupun bandara. 

Berhubung di mall Flobamora dan bandara Eltari Kupang ngga ada yang jualan rotiboy, ditambah lagi kemarin udah lumayan bisa menakhlukan adonan roti, seru kali yah kalau bikin rotiboy sendiri. 

Belum matang saja aroma kopi dari toppingnya sudah semerbak memenuhi rumah saya. Mari singsingkan lengan baju dan siapkan energi untuk menguleni adonan :)

Resepnya saya masih pakai resep tangzhong starter yang pernah saya posting kemarin saat membuat milk bread karena sudah pas menurut saya. Untuk resep topping saya memakai resep dari Happy Home Baking coffee cookie buns

Bahan-bahan :
Water roux :
25 gr tepung terigu (saya pakai protein tinggi)
125 ml air
water roux / tangzhong starter
                           
350 gr tepung terigu protein tinggi
6 gr instant yeast
55 gr gula
5 gr garam
7 gr susu bubuk
1 telur
125 ml susu cair tawar
30 gr butter, haluskan

Isian : 
salted butter, bekukan, potong kotak masing-masing seberat 10 gr
butter-nya meleleh di dalam

Topping :

50 g unsalted butter
50 g gula halus
1 butir telur, kocok lepas
50 g tepung terigu serbaguna
10 g tepung maizena (tambahan saya sendiri)
1 1/2 sdt bubuk kopi instant
1/2 sdt vanilla extract
1/2 sdt air hangat 
topping renyah saat roti hangat

Cara Membuat :
  1. Membuat tangzhong (water roux) : aduk bersama 25 gr terigu dan 125 ml air di panci kecil.
  2. Panaskan di atas api sedang sambil diaduk sampai mengental, angkat dan dinginkan sampai suhu ruangan dengan ditutup plastik.
  3. Siapkan mixer, masukan susu, telur dan adonan tangzhong, mixer sampai semua tercampur rata.
  4. Masukkan semua bahan kecuali butter, mixer sampai rata. 
  5. Bila sudah rata, masukan butter, mixer lagi sampai adonan menjadi kalis.
  6. Bisa dibantu dengan diuleni sampai adonan menjadi elastis. Bulatkan adonan.
  7. Istirahatkan adonan sampai mengembang 2x dari ukuran semula (ditutup dengan plastik). Kurang lebih 1 jam, tergantung suhu.
    sebelum dan sedudah diistirahatkan
  8. Bila sudah mengembang 2x lebih besar, kempiskan adonan dan potong masing-masing kurang lebih 50 gr, bulatkan dan istirahatkan lagi selama 15 menit. 
  9. Sesudah adonan mengembang lagi, masukan isian butter beku, tutup dan bulatkan, jangan sampai bocor.
  10. Untuk membuat topping : larutkan kopi instan dengan air hangat, campur dengan vanilla extract, sisihkan. Kocok butter dan gula sampai lembut, masukkan kocokan telur, aduk sampai rata. Tambahkan larutan kopi, aduk rata. Masukan terigu dan maizena secara perlahan, aduk rata. Bila sudah tercampur rata, masukkan ke dalam piping bag dan semprotkan adonan topping secara melingkar (seperti membuat motif obat nyamuk bakar) dari atas sampai bawah. Jangan terlalu berlebih dan berikan jarak agar tidak meleber kemana-mana.  
    percobaan pertama - topping meleber ke bawah
  11. Masukkan dalam oven yang sudah dipanaskan dalam suhu 200 derajat Celcius selama kurang lebih 15-20 menit. Sesudah matang, selain tentunya langsung dimakan, roti ini bisa disimpan ke dalam tempat kedap udara dan dimasukkan kulkas. Bila akan dimakan, bisa dioven kembali selama 5 menit dengan suhu tinggi (200 derajat Celcius).
  12. Mari baking!!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar