Jumat, 14 Maret 2014

Homemade Burger


Cieee...gaya deh bikin burger..padahal bun-nya beli jadi diing...karena pernah nyoba bikin bun sendiri tapi masih kurang sreg dengan hasilnya. Pokoknya kalo bikin roti yang di resep ada instruksi uleni pasti hasilnya tidak sesuai harapan. Taaapiii... gara-gara nonton eat street di National Geographic People, saya jadi pengeeen banget makan burger. Sebetulnya makanan ini bukan favorit saya, namun memang acara makan-makan di tv menunjukkan kesaktiannya sampai bikin saya kemimpi-mimpi makan burger..halah. Kalau mau beli burger, disini adanya burger KFC yang rasanya gitu-gitu aja, sementara saya pengennya burger yang meleleh leleh dan belepotan pas dimakan :) Yang bikin enak burger bikinan saya adalah bawang bombay yang dikaramelisasi dan slice cheese dengan aroma smokey BBQ....yuummm...

Bahan : 

4 buah bun / roti burger
300 gr daging sapi giling
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdt merica bubuk
1 sdt italian herbs 
1/2 sdt garam
1 butir telur
1 buah bawang bombay ukuran besar, potong-potong
1 sdm olive oil
4 slice cheese (saya pakai smokey BBQ cheese merk Bega)
1 sdt butter (saya pakai salted butter karena adanya itu)
1 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal
1 sdm mayonaise

Cara Membuat : 
  1. Membuat patty : campur daging sapi giling, bawang putih halus, merica, garam, italian herbs, telur sampai rata. Bentuk bulat pipih padat dan taruh di atas pan panas yang sudah diberi sedikit olive oil, masak hingga matang di semua sisinya.
  2. Di pan, panaskan olive oil dan masukkan potongan bawang bombay, diamkan sampai layu dan terkaramelisasi.
  3. Bagi dua tiap-tiap bun / roti burger, olesi bagian tengahnya dengan butter, panaskan sebentar di pan bekas bawang bombay.
  4. Susun burger sesuai selera. Kalau saya, patty yang masih ada di atas pan panas ditumpuk dengan slice cheese sehingga kejunya meleleh, baru ditumpuk di atas bun & bawang bombay.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar