Senin, 24 Maret 2014

Garang Asem Ayam

Garang asem adalah salah satu makanan favorit saya sejak kecil. Kenal rasa garang asem pertama kali waktu ke rumah bude yang ada di Kudus. Biasanya sebelum sampai ke rumah bude, Bapak saya ngajak sarapan soto kudus atau garang asem. Masakan ayam berkuah asem ini rasanya segar, apalagi dimakan dengan nasi hangat dan kerupuk gendar. Hmmmm.... 

Karena ternyata bumbunya cukup simple, saya jadi pengen bikin garang asem ayam sendiri, walo hasil jadinya masih jauh dari harapan dan belum sesuai dengan rasa asli di kudus (karena ngga pake belimbing wuluh), masakan ini cukup disenangi suami saya. Next time, musti recook dengan hasil yang lebih oke. Siap-siap hunting belimbing wuluh. 

Resepnya saya ambil dari tabloid kuliner disini
 
Bahan :

1 buah jeruk nipis yang diperas airnya
1 ekor ayam yang dipotong dengan ukuran kecil (24-30 bagian)
60 buah cabai rawit utuh (kira-kira 1 ons) - saya pakai cabe rawit merah
12 buah belimbing wuluh ukuran sedang potong dengan ukuran 1/2 cm - saya diganti tomat setengah matang
1 1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
8 lembar daun salam yang di iris menjadi 3 hingga 4 bagian
2 cm irisan lengkuas
Bumbu-bumbu yang dihaluskan:
12 siung bawang merah
4 siung bawang putih
6 butir kemiri yang di sangrai (goreng tanpa minyak)
2 cm jahe
1/2 sendok teh merica/lada bubuk
60 ml santan - tambahan saya sendiri
Tambahan:
- Lembaran daun pisang secukupnya untuk membungkus dan potongan lidi untuk menyemat
- Irisan cabe merah untuk mempercantik (garnish)


Cara Pengolahan :
  1. Cuci bersih potongan ayam kemudian lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan diamkan selama kurang lebih selama 15 hingga 30 menit supaya ayam tidak terasa amis.
  2. Ambil wadah yang cukup besar berupa baskom kemudian masukkan semua bumbu-bumbunya kecuali daun salam, cabe rawit dan lengkuas.
  3. Aduk hingga rata kemudian sebelum dibungkus dengan daun pisang, tempatkan daun salam, potongan lengkuas dan cabe rawit (sesuai selera) diatasnya. Bungkus ayam dengan daun pisang yang dibungkus dengan plastik kemudian sematkan dengan potongan lidi.
  4. Siapkan dandang (steamer) diatas kompor untuk mengukus.
  5. Kukus selama kurang lebih 45 menit hingga 1 jam dengan api sedang.
  6. Angkat, kemudian sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar