Kamis, 03 April 2014

Japanese Choux Pastry (Kue Soes Jepang)



Niatnya sih mau bikin cream puff ala Beard Papa's, cemilan saat nunggu boarding di bandara Soekarno Hatta. Terus ketemu deh resep soes Jepang mba Rina yang sepertinya menggoda untuk dicoba. Cara bikinnya sih mirip bikin kue soes / choux pastry biasa, hanya saja soes Jepang ini diberi topping biar crunchy saat digigit. Fillingnya pun bukan vla seperti soes biasa, tetapi cream dingin yang diberi aneka rasa. Tapi kali ini saya lagi pengen pakai isian cokelat biasa aja karena lagi ga ada stok whipped cream.  Lhah..ga jadi kaya Beard Papa's dong.....secara umum penampakannya juga belum mirip kok....biarin, yang penting enak :)

*Di resep ini selain saya bikin soes Jepang, saya juga bikin kue soes biasa. Untuk filling soes Jepangnya ada juga beberapa saya bikin varian rasa green tea, tapi mostly saya bikin rasa cokelat.


Bahan Choux Pastry (Kue Soes) :

(A) 
100 gr butter
110 ml air
1 sdt garam

(B)
120 gr tepung terigu protein tinggi
3 butir telur ayam

Cara Membuat Choux Pastry:
  1. Rebus bahan A sampai mendidih.
  2. Masukkan terigu ke dalam pan yang berisi bahan A, aduk hingga kalis dengan api kecil. Matikan api. 
  3. Tunggu agak dingin, lalu masukkan telur satu per satu ambil dimixer dengan kecepatan sedang.
  4. Siapkan loyang yang sudah dialasi kertas roti. Masukkan adonan dalam piping bag, dan semprotkan di atas loyang.
sudah matang, dalamnya berongga

Bahan Topping :

50 gr butter
50 gr gula halus
1 sdm air
50 gr tepung terigu

Cara Membuat Topping :
  1. Kocok semua bahan hingga lembut. 
  2. Masukan ke piping bag, gunting bagian bawahnya kecil saja lalu semprotkan diatas adonan pastry melingkar sebanyak 3/4 bagian (seperti membuat topping pada roti boy).
Pastikan oven sudah panas, dan panggang dengan api 180 derajat selama 35 menit atau sampai matang.
fresh from the oven, toppingnya ada yang belepotan ke bawah hehe

Bahan Filling :
250 gr Dark Cooking Chocolate
100 ml krim kental

Cara Membuat Filling : 

Siapkan 2 panci berbeda ukuran. Panci ukuran yang lebih kecil diisi air, didihkan di atas kompor dengan api kecil. Letakkan potongan cokelat ke dalam panci yang berukuran lebih besar. Letakkan di atas panci yang lebih kecil (double boil), tunggu hingga cokelat meleleh. Bila sudah meleleh masukkan krim kental, aduk hingga rata. Matikan api.
fillingnya nyokat banget..nom..nom

Bila kue sudah matang, belah sedikit, dimana dalamnya akan berongga. Isi dengan filling.
kalo yang ini kue soes biasa, tanpa topping ala Jepang
  
soes biasa ditopping cokelat