Minggu, 19 Januari 2014

Bolen Pisang Keju Coklat ala Kartikasari



Lama ngga makan bolen pisang Kartikasari nih. Lagi pengen tapi disini ngga ada yang jual akhirnya browsing lagi cari resep dan membulatkan niat untuk bikin bolen pisang sendiri. Lagian mumpung masih punya stock pisang yang sudah matang benar. Nemu resep bolen pisang di blog mba Hesti. Duh mbaaa...fotonya cakep banget, sampai pengen buru-buru bikin sendiri. Terimakasih buat resepnya ya mba, walo ngebentuknya masih belum rapi. Resep asli bisa dilihat disini : bolen pisang mba Hesti

Bahan : 

250 gr terigu protein sedang
30 gr gula pasir
2 kuning telur
1 sdm margarin
100 ml air es
125 gr unslated butter / korsvet
1/2 sdt garam

Isian : 
pisang raja yang matang, dikukus dan dipotong-potong
keju cheddar, potong persegi panjang
susu kental manis
coklat butir

Olesan :
1 butir kuning telur
3 sdm madu

Cara membuat : 
  1. Campur terigu, garam, gula, aduk rata. Tambahkan kuning telur dan air sambil diuleni ringan, asal rata. Tambahkan margarin, aduk sampai kalis, bulatkan. Simpan di kulkas selama 15 menit.
  2. Keluarkan dari kulkas. Giling bentuk persegi panjang, isi 2/3nya dengan unsalted butter / korsvet. Tutup dari 1/3 bagian yang tidak kena korsvet ke tengah. Lipat lagi, giling lagi, ulangi sampai 4x proses. Simpan di kulkas selama 15 menit, bila masih lembek bisa lebih lama.
  3. Giling tipis kulit bentuk segi empat sama sisi, beri potongan pisang dan keju, atau pisang coklat sesuai selera, masukan sedikit susu kental manis. Lipat seperti melipat amplop. Taruh di loyang dengan posisi lipatan ada di bawah. Olesi permukaan dengan kuning telur, atau bisa juga ditaburkan keju / coklat sesuai selera.
  4. Taruh adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas kue, beri jarak. Panggang dengan suhu 180 derajat C hingga warnanya kuning, lalu turunkan suhu menjadi 160 derajat C hingga warnanya keemasan.
  5. Angkat, olesi dengan madu.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar