Rabu, 29 Januari 2014

No Bake Cheese Cake

Kemarin sempat pulang Jakarta sebentar dan sebelum balik ke Kupang bela-belain ke Titan Fatmawati buat beli perlengkapan baking yang susah dicari di Kupang. Selain ke Titan saya juga mampir ke Hero buat borong strawberry, daun mint, buah-buahan dan segala sesuatu yang jarang saya lihat disini. Kalap ceritanya :) Nah karena saya iseng beli cream cheese dan lagi ada strawberry, mulailah saya hunting resep yang mudah untuk diikuti. Karena saya doyan dengan cheesecake harvest, kepikiran juga pengen bikin sesuatu yang kayanya mustahil bisa saya bikin. Kebanyakan untuk resep cheesecake klasik menggunakan metode pemanggangan au bain marie (semacam proses mengetim dalam oven). Sebagai pengguna oven yang belum terlalu fasih, saya agak ragu sehingga resep yang mengharuskan metode itu saya skip. Akhirnya saya 'parkir' di joy of baking dan melototin video resep no bake cheesecake yang 'sepertinya' mudah. Ternyata..hasilnya saya cukup puas dan rasanya ga kalah dengan cheesecake harvest hahahah...kepedean :) Untuk resep asli ada di sini no bake cheesecake JoyofBaking  

Bahan : 

Crust :
1 1/2 cups (150 gr) biskuit roma plain
2 sdm (30 gr) gula kastor
6 sdm (85 gr) unsalted butter, dilelehkan


Cheesecake Filling :

227 gr cream cheese, temperatur ruang
1/4 cup (50 gr) gula kastor
1 sdt vanilla extract
1 cup (240 ml) heavy whipping cream 


Topping :
595 gr cherry pie filling kalengan, atau 500 gr strawberry segar yang dibikin puree


Cara membuat :

Crust :  Hancurkan biskuit sampai lembut, campur dengan gula dan butter cair sampai rata. Siapkan loyang bongkar pasar ukuran 20 cm, tekan-tekan adonan biskuit ke dalam loyang sampai rata, begitu pula di sisi-sisinya. Tutup dengan plastik, simpan dalam kulkas sementara kita membuat fillingnya.

Cheesecake Filling :  Mixer cream cheese sampai halus (jangan sampai over mixing), tambahkan gula sampai adonan ringan dan fluffy. Masukan vanila. Di mangkuk lain, mixer whipping cream sampai soft peak. Secara perlahan masukan whip cream ke dalam adonan cream cheese, aduk rata. 

Keluarkan loyang biskuit dari kulkas, masukan filling ke atasnya, rapikan sampai semua rata. Masukan kembali ke dalam kulkas, tunggu semalaman. Esok harinya cheesecake siap disantap, dapat disajikan dengan topping sesuai selera. Kali ini saya pakai topping fresh strawberry puree.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar