Minggu, 09 Maret 2014

Gurame Crispy Gagal Take Off


Maksud hati ingin membuat gurame terbang, tapi karena kesoktahuan saya maka guramenya pun gagal take off, namun yang pasti sudah landing dengan aman di perut kami hehehe. Kesoktahuan saya berawal dari pengalaman kemarin memasak gurame bakar, saya berinisiatif untuk membuat keratan di badan si gurame. Baru ketika saya browsing bagaimana cara membuat gurame bersayap, saya baru sadar ternyata untuk bisa terbang, gurame bukan dikerat namun difillet memanjang dari kepala sampai ekornya tanpa putus. Nah lo...gimana dong..tapi saya pede aja tetap memfillet sesuai arahan, untungnya keratan awal yang saya buat tidak terlalu besar-besar. Untuk menjaga agar sayap gurame bisa mekar, saya tusuk bagian bawahnya dengan tusuk gigi. Sayangnya waktu menggoreng ternyata tusuk giginya tidak berhasil menahan badan gurame sehingga sayap gurame yang tadinya bisa mekar pun akhirnya menutup kembali, nempel dengan badan. Walau sedikit kecewa, namun saya cukup puas karena gurame saya renyah dan gurih hingga tulang-tulang ekornya bisa dimakan...kress..kresss...
Resep saya kira-kira sendiri berdasarkan pengalaman dan pengetahuan memasak serta kesoktahuan saya hehehe..tapi enak kok...sungguh :)

Bahan :

1 ekor gurame ukuran sedang (500 gr)
1 sdt garam
2 sdm air jeruk nipis
1 siung bawang putih, haluskan
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdm tepung maizena
1/2 sdt tepung tapioka 
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat : 
  1. Bersihkan ikan, buang isi perutnya. 
  2. Bila ingin membuat gurame terbang : Fillet ikan dari kepala sampai ekor, usahakan agar tidak putus. Jahit ujung ekor pada badan agar sayapnya terbuka dan tulang di dalamnya tergoreng garing nantinya. Bila tidak ingin membuat gurame terbang, hanya perlu mengerat badannya saja agar bumbu bisa masuk ke dalam ikan.
  3. Kucuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 15 menit di kulkas.
  4. Cuci kembali ikan, lumuri dengan bawang putih dan ketumbar bubuk, diamkan selama 15 menit.
  5. Lumuri dengan tepung maizena dan tapioka yang sudah dicampur.
  6. Goreng dalam minyak yang sudah panas, usahakan semua badan ikan terendam minyak panas. Jangan terlalu sering membolak balik ikan agar tidak hancur. Goreng sampai coklat keemasan.
  7. Hidangkan dengan sambal sesuai selera. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar