Jumat, 14 Februari 2014

Ayam Suwir Bali

Tahun lalu, saya lupa tepatnya kapan, saya diajak teman-teman untuk bakar-bakar ikan di pantai pas malam libur...ya malam minggu kalau ngga salah. Ikannya sudah dibeli pagi hari di pasar ikan, dapat banyak dan murah-murah. Saya yang waktu itu cupu, ngga bisa masak, cuma kebagian bawa piring dan gorengan...itu pun beli di tukang gorengan dekat rumah :). Ternyata sampai di pantai, selepas magrib, ada teman yang berasal dari Bali membawa ayam segar yang katanya juga ikutan siap dibakar. Sementara teman-teman bikin api, bakar ikan, saya cuma jadi penggembira yang tak berguna hahaha...duduk-duduk di pasir, menikmati bintang yang bertaburan di langit, menikmati suara ombak...aih, asik ya :) Singkat cerita, ikan pun matang, ayam yang tadi utuh sudah disuwir-suwir dan menjadi suatu masakan pelengkap makan ikan bakar ternyata rasanya nendang banget. Pedas, gurih, asem, segar, berpadu dan bikin saya terngiang-ngiang akan masakan itu, sampai pada akhirnya saya pun minta resep untuk dipraktekan sendiri di rumah. 

Bahan : 

400 gr dada ayam
5 batang serai, diambil putihnya saja, iris tipis
8 siung bawang merah, iris tipis
1 sdm air jeruk nipis
8 butir cabe rawit merah, iris tipis 
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
2 sdm minyak 

Cara Membuat :
  1. Potong dada ayam menjadi 2 bagian,  taruh di atas pan teflon, bakar dengan api kecil hingga matang. Alternatif lain, digoreng juga bisa, tapi jangan terlalu kering.
  2. Suwir-suwir ayam sesuai selera. 
  3. Campur suwiran ayam dengan serai, bawang merah, cabe rawit yang semua sudah diiris tipis, kucuri dengan air jeruk, taburi gula dan garam. Koreksi rasa. Sajikan dengan nasi putih hangat.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar