Rabu, 26 Februari 2014

Gurame Bakar & Dabu-dabu


Kemarin pas ke hypermart tumben-tumbenan ada gurame masih seger-seger dan bagus, saya langung beli saja. Seperti biasa suami saya agak menyangsikan saya bisa masak ikan apa engga, kita lihat saja lah ya :) Kali ini saya pengen bikin ikan bakar tapi ngga pengen yang bumbunya kuning-kuning, jadi bakar kecap saja, bumbu saya kira-kira sendiri. Kemudian, karena pernah tugas 3 hari di Manado dan 3 hari di Ambon dan selalu dicekoki dabu-dabu, saya jadi doyan dan mau bikin sendiri saja. Rasanya ngga jauh beda, seger pedes enak. Pas dimakan dengan nasi putih hangat yang masih ngepul asapnya :)

Bahan :

1 ekor ikan gurame ukuran sedang 
1/2 sdt garam
1 butir jeruk nipis diambil airnya

Bumbu halus : 
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdr merica bubuk

4 sdm kecap manis
2 sdm saus sambal
3 lembar daun jeruk untuk aroma
2 sdm minyak untuk menumis
50 ml air

Cara membuat :
  1. Bersihkan ikan, kerat bagian sisi-sisinya. Kucuri dengan air jeruk nipis dan taburi dengan garam. Diamkan sekitar 30 menit (masukkan kulkas).
  2. Panaskan minya, tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk, tuangkan kecap dan saus sambal dan air, masak hingga agak menyusut.
  3. Goreng ikan sampai setengah matang. 
  4. Olesi dengan bumbu, bakar sampai matang. 
Dabu-dabu

Bahan :

5 buah cabe rawit merah
3 siung bawang merah
1 tomat setengah matang
1 buah jeruk nipis
1/2 sdt garam
1 sdm air

Cara membuat :
  1. Iris kotak-kotak tomat (buang isinya), iris tipis cabe rawit dan bawang merah, taburi garam, aduk
  2. Kucuri dengan air jeruk nipis dan air, aduk.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar