Jumat, 14 Februari 2014

Cream Cheese Brownies


Life without chocolate is like a beach without water. Pepatah itu benar adanya, khususnya untuk saya penggemar coklat. 
Setelah ngubek-ubek website joy of baking, saya tertarik dengan resep cream cheese brownies. Wah kebetulan karena saya juga masih punya stok cream cheese sisa bikin cheesecake. Usia simpan cream cheese memang tidak terlalu lama, sehingga perlu cepat dieksekusi. Di resep joy of baking ada instruksi mengocok cream cheese sampai lembut, tapi entah kenapa saya gagal paham sampai pada akhirnya cream cheese saya justru over mixing dan teksturnya seperti santan pecah. Mau diselamatkan ngga ngerti caranya sehingga saya hanya pisahkan air dan cream yang bisa dipakai. Hasilnya, adonan cream cheese saya tidak bisa tebal sesuai contoh di video, tapi menurut saya sih masih kelihatan cantik dan rasanya enak-enak aja tuh. Hahaha...Berikut resep adaptasi saya, dan untuk resep asli bisa dilihat di sini Cream cheese brownies joy of baking

Bahan :

Brownie Layer :

113 gr butter (saya pake salted butter - adanya itu di rumah)
30 gr coklat  bubuk ( saya pake bendrop)
200 gr gula kastor
1 sdt vanilla extract
2 telur ukuran besar
120 gr terigu serbaguna

Cream Cheese Layer :
225 gr full fat cream cheese (room temperature)
50 gr gula kastor
1/2 sdt vanilla extract
1 telur ukuran besar

Cara membuat : 
  1. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat Celcius, letakkan rak di tengah. Siapkan loyang ukuran 20x20 cm, alasi dengan kertas kue.
  2. Campur butter, gula, coklat bubuk, vanila, garam (bila menggunakan unsalted butter), aduk rata dengan menggunakan whisker.
  3. Kocok lepas telur, masukan ke dalam adonan butter, aduk rata. 
  4. Masukan terigu sambil diayak secara perlahan, aduk rata namun jangan sampai overmix. Masukkan dalam loyang. Sisakan sedikit untuk membuat corak di atas kue. 
  5. Di wadah lain, campur cream cheese, gula, vanila dan telur dengan menggunakan mixer, sebentar saja, jangan sampai over mix seperti pengalaman saya. 
  6. Tuangkan adonan cream cheese ke atas adonan coklat. Tuangkan juga sisa adonan coklat dan buat corak swirl dengan bantuan tusuk sate.
  7. Masukan ke dalam oven selama 30 menit, lakukan tes tusuk.   
   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar