Jumat, 21 Februari 2014

Siomay Ikan


Siomay perdana saya akhirnya jadi juga, walau tidak seenak siomay di batagor riri / kingsley bandung, tapi at least saya puas bisa membuktikan ke diri sendiri kalau saya bisa bikin siomay sendiri..yeay :)
Resep siomay saya ambil dari Sajian Sedap, linknya ada disini siomay sajian sedap

Bahan : 

200 gram daging ikan tenggiri, dicincang halus
100 gram ayam paha fillet, dicincang halus
2 siung bawang putih dicincang halus
2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh kaldu bubuk
2 putih telur
150 gram labu siam kukus, dihaluskan
1 batang daun bawang diiris halus
125 gram tepung sagu tani

Pelengkap :
400 gram (8 potong) kentang kukus
4 buah telur rebus
kol dikukus dan digulung 8 lembar
2 tahu putih, dipotong segitiga (8 buah)
2 jeruk limau (saya pake jeruk nipis, adanya itu di rumah)
2 sendok makan kecap manis
2 sendok makan saus sambal

Saus kacang :
250 gram kacang tanah kulit, goreng
5 siung bawang putih, goreng
6 buah cabai merah keriting, goreng
4 sendok makan gula merah
1 1/2 sendok teh garam
500 ml air
3 sendok makan air asam (dari 1 sendok makan asam jawa dan 5 sendok makan air)

Cara Pengolahan :
  1. Campur daging ikan, daging ayam, bawang putih, garam, gula pasir, penyedap rasa, dan putih telur. Uleni sampai rata.
  2. Masukkan labu siam dan daun bawang. Uleni rata. Masukkan tepung sagu. Aduk rata.
    Sendokkan sebagian bentuk bulat dengan sendok di atas kukusan yang dialas daun dan dioles minyak. Isi sebagian dalam tahu.
  3. Kukus 20 menit dengan api sedang sampai matang.
  4. Sajikan dengan pelengkapnya.

Untuk 4 porsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar