Minggu, 13 April 2014

Donat Muffin (Tanpa Diuleni)


Diawali karena pengen ngemil tapi ngga pengen punya banyak cucian loyang dan kawan-kawannya, saya tertarik dengan resep Donut Muffin di web all recipes disini. Donat dengan adonan yang tidak diuleni, menggunakan oven, bentuknya seperti muffin, dan yang penting ngga banyak perkakas dapur yang dipakai hehe.

Tapi pas lagi nyoba, saya agak ragu menambahkan pala...masa iya sih donat pakai pala? Keraguan saya bertambah lagi saat saya menyadari bahwa botol kayu manis bubuk saya ternyata sudah kosong. Masa iya donatnya pakai pala tapi ngga pakai kayu manis..nanti kalo rasanya aneh bagaimana? Bingung saudara-saudara! Karena sudah terlanjur setengah jalan, akhirnya resepnya  saya modifikasi alias ngarang abis :)) Mana adonannya cair kan, tidak bisa dibentuk menjadi donat semestinya, saya putuskan tetap memakai cetakan muffin saja untuk mendapatkan bentuknya dan dioven hingga matang, lalu saya goreng sebentar untuk mendapatkan permukaan khas donat goreng.

Jadilah donat muffin yang tersesat jadi donat ala kampung. Atau donat kampung jadi-jadian. 
matang dari oven
setelah digoreng sebentar

Bahan-bahan :

1/2 cup gula kastor
1/4 cup margarin, cairkan
3/4 sdt pala bubuk (saya skip)
1/2 cup susu cair
1 sdt baking powder
1 cup terigu serba guna
minyak untuk menggoreng
1/2 cup gula halus
1 sdt kayu manis bubuk (saya skip) 
chocochip untuk isian (modifikasi)

Cara membuat :
  1. Panaskan oven di suhu 190 derajat Celcius. Siapkan loyang muffin (untuk resep ini bisa jadi 24 mini muffin)
  2. Campurkan gula kastor, margarin, dan pala di dalam mangkok besar. Masukkan susu sedikit demi sedikit. Aduk rata. Masukan tepung terigu yang sudah dicampur dengan baking powder, aduk sampai semua tercampur rata, jangan sampai ada yang bergerindil. 
  3. Masukkan ke dalam cetakan muffin, beri chocochip di tengahnya, timpa dengan adonan lagi hingga 3/4 cetakan terisi. Panggang selama 15 menit.
  4. Di resep asli, selama menunggu muffin dipanggang, campur margarin cair, gula dan kayu manis hingga rata. Bila muffin sudah matang, celupkan ke dalam campuran tersebut dan diguling-gulingkan di atas bubuk kayu manis. 
  5. Di resep modifikasi saya, sesudah muffin diangkat dari oven, goreng sebentar dalam minyak panas hingga berwarna keemasan, angkat, tiriskan dan taburi dengan gula halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar