Jumat, 04 April 2014

Ikan Kakap Kuah Asam


Awal saya datang ke Kupang, saya sempat disuguhi teman untuk makan ikan kuah asam. Rasanya menurut saya mirip sih dengan yang pernah saya makan di Ambon. Masih satu rumpun lah ya..yang masak nyong Kupang dan nyong Ambon...ikannya sama-sama segar, asam, dan pedas. Rupanya ikan kuah asam juga menjadi salah satu media kampanye anti narkoba disini, buktinya di pos polisi dekat bundaran kantor gubernur berdiri sebuah baliho besar dengan gambar seorang nona polwan Kupang yang memegang mangkok serta di atas foto tersebut ada tulisan : Jauhi narkoba, dekati kuah asam (kurang lebih seperti itu, saya agak lupa). Kalau begitu, marilah kita turut mensukseskan kampanye anti narkoba ini dengan masak dan makan ikan kuah asam. 

Bahan-bahan : 

1 ekor ikan kakap merah ukuran sedang
4 siung bawang putih, memarkan
6 buah cabe rawit merah
1 ruas jari jahe
1/4 sdt kunyit bubuk
1 batang serai
1 buah tomat kalau bisa pilih yang agak muda, potong-potong
1 batang daun bawang
3 sdm air jeruk nipis
1000 ml air
garam secukupnya
merica bubuk secukupnya
gula pasir secukupnya

Cara membuat:
  1. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, kunyit bubuk, jahe, serai, dan cabe rawit utuh ke dalam air mendidih.
  2. Masukkan ikan kakap yang sudah dibersihkan dan sebelumnya dilumuri sedikit bawang putih halus.  
  3. Masukkan air jeruk.
  4. Masukkan garam, merica dan gula, aduk rata. Koreksi rasa.
  5. Masukkan tomat dan daun bawang (lebih enak bila ada daun kemangi). Masak hingga ikan matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar