Selasa, 15 April 2014

Serundeng Kelapa


Saya ingat waktu kecil, nenek saya sering masak serundeng daging. bila sudah matang, di wajan sisa memasak masih ada sisa-sisa kelapa yang menempel. Nenek biasanya menambahkan nasi ke atas wajan, lalu diosreng-osreng sebentar sampai nasinya tercampur dengan kelapa. Hhhhmmm..harum sekali dan menggugah selera makan. Kali ini pertama kali dalam hidup saya (lebay), saya akan masak serundeng sendiri. Siap-siap pegel ngosreng kelapa sampai masak jadi serundeng. Kali ini saya masak serundeng ayam ala Sajian Sedap. 

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
1 buah dada ayam (180 gram), direbus, disuwir-suwir
10 cm lengkuas, diparut
3 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
2 lembar daun salam
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
50 gram kelapa, diparut kasar
3/4 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
150 ml kaldu ayam
1 sendok makan air asam jawa (dari 1/2 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air)
4 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
4 buah cabai merah keriting
3 buah cabai merah besar, dibuang biji
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, disangrai
1/2 sendok makan ketumbar

Cara Pengolahan :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan serai sampai harum. Masukkan suwiran ayam. Aduk rata.
  2. Tambahkan kelapa parut, garam, gula pasir, dan kaldu ayam. Masak sambil diaduk sampai meresap.
  3. Masukkan air asam jawa. Masak di atas api kecil sambil diaduk sampai kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar