Kamis, 23 Januari 2014

Nasi Ayam Hainan


Suami saya suka sekali makan nasi ayam hainan, sayangnya di Kupang kami belum nemu tempat makan yang menjual menu ini. Suatu sore suami saya minta dibuatkan nasi ayam hainan. Merasa tertantang saya pun segera mencari resep yang kira-kira cocok. Ketemulah resep dari femina yang kemudian saya racik-racik ala saya. Resep asli ada di sini : nasi hainan femina

Bahan nasi :

500 ml kaldu ayam
50 g bawang merah, haluskan
3 siung bawang putih, haluskan
1 lembar daun pandan, simpulkan
1 bungkus kaldu ayam bubuk instan
1 sdm lemak ayam
1 sdt garam
400 g beras, cuci bersih

Bahan ayam :

1 ekor ayam ras
5 cm jahe, memarkan
5 siung bawang putih, memarkan
2 lembar daun pandan
2 sdm garam
1 sdt merica bubuk
3 liter air

Bahan kuah :

800 ml kaldu ayam
2 siung bawang putih, memarkan, tumis
2 cm jahe, tumis hingga harum
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 bungkus kaldu ayam bubuk instan
 1 sdt minyak wijen

Cara membuat :
  1. Nasi: Rebus kaldu, bumbu halus, daun pandan, kaldu bubuk, lemak ayam, dan garam. Masukkan beras, masak hingga kaldu terserap habis. Angkat, kukus dalam dandang panas selama 30 menit hingga matang. Angkat.
  2. Rebus ayam selama 5 menit, masukkan ke dalam air es, rebus kembali bersama dengan bumbu hingga kaldunya mengering. Potong-potong sesuai selera.
  3. Kuah : rebus semua bahan
  4. Sajikan nasi bersama ayam dan kuah kaldu ayam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar