Minggu, 12 Januari 2014

Martabak Daging


Ini temannya bolu hongkong keju yang mau dibawa ke pantai. Biar sangunya imbang, ada yang manis dan ada yang asin. Untuk jajanan asin pilihannya jatuh pada martabak isi daging yang saya adaptasi dari resep mba Endang. Saya memang dapat banyak inspirasi dari blog mba Endang (Just Try & Taste). Blog ini asik banget, ada preview mengenai tahapan yang harus dilakukan sehingga sangat membantu saya yang sedang belajar masak. Salut mba Endang! Resep asli ada di sini : martabak daging JTT

Bahan :

20 lembar kulit lumpia siap pakai ukuran 20x20
400 gr daging sapi cincang
12 batang daun bawang, cincang halus
6 butir telur ayam, kocok lepas
minyak untuk menggoreng
2 buah bawang bombay, iris tipis
5 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1/4 sdt gula pasir (tambahan saya)
minyak untuk menumis bumbu

Di resep JTT ada kuah cukanya, tapi saya ngga bikin karena sudah cukup puas dimakan dengan cabe rawit dan acar mentimun, atau bisa juga dicocol saus sambal. Nyem..nyem deh!

Cara membuat :
  1. Siapkan minyak panas, tumis daging hingga berubah warna. Masukan bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
  2. Masukan kaldu bubuk, garam, merica, pala, gula, aduk rata, koreksi rasa. Sisihkan.
  3. Bila tumisan daging sudah dingin, masukan kocokan telur dan aduk rata. Setelah itu masukan irisan daun bawang, aduk rata.
  4. Siapkan kulit lumpia siap, lembarkan di meja, isi dengan adonan daging, lipat segi empat atau seperti melipat amplop. Lakukan sampai semua kulit dan adonan habis (untuk 20 buah).
  5. Panaskan minyak, goreng martabak dengan posisi lipatan ada di bawah sehingga martabak tidak terbuka atau bocor. Goreng hingga berwarna coklat keemasan. Angkat, tiriskan, sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar