Sabtu, 10 Mei 2014

Sosis Solo


Karena lagi seneng-senengnya, kemarin hampir tiap minggu saya membuat lumpia rebung. Tapi lama-lama bosan juga ya, akhirnya nyangkut lagi di laman Sajian Sedap untuk cari cemilan sore yang gurih. Saya masih kurang terampil untuk membuat kulitnya secara rapi dan tipis, alhasil sosis solo saya agak gendut. Soal rasa sih resep dari Sajian Sedap yang saya coba selalu enak. Link asli resepnya ada disini 
 
Bahan Kulit:
 
50 gr tepung terigu protein sedang
1/4 sdt garam
200 ml santan
2 butir telur ayam, kocok lepas
minyak untuk menggoreng
1 butir telur untuk lapisan sebelum menggoreng (tambahan saya)

Bahan Isi:
 
200 gr daging giling
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
50 ml santan
1 sdm minyak goreng, untuk menumis
1 butir telur (saya skip)

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
2 butir kemiri, sangrai
1/8 sendok teh jinten

Cara membuat:
  1. Kulit: aduk rata tepung terigu, garam, santan, dan telur. Aduk rata.
  2. Buat dadar tipis-tipis diwajan datar kecil yang dioles sedikit minyak. Sisihkan.
  3. Isi: tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan daging. Aduk sampai berubah warna.
  4. Tambahkan santan, garam, dan gula pasir. Masak sampai meresap. Angkat.
  5. Ambil selembar dadar. Beri isi. Lipat dan gulung.
  6. Kukus 15 menit diatas api sedang sampai matang. Dinginkan.
  7. Balurkan di atas kocokan telur, goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai kuning kecokelatan.
Untuk 10 buah 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar