Sabtu, 14 Juni 2014

Red Velvet Cupcake


Red Velvet pernah booming banget beberapa tahun lalu di Indonesia. Pertama kali saya nyobain cake ini di Union - Brasserie, Bakerie & Bar di Plaza Senayan. Konon katanya red velvet cake di Union paling juara...dan emang bener sih, dapat meja dan masih kebagian cakenya aja udah bagus saking enak makanan disitu dan rame peminatnya. Red velvet cake di Union dilapisi cream cheese dan cacahan kasar peanut. Yummm!!!!

Sesuai dengan namanya, red velvet memiliki ciri khas berwarna merah darah. Disamping menggunakan cokelat bubuk, warna merah juga berasal dari pewarna merah makanan atau yang alami berasal dari sari buah bit yang dipercaya kaya manfaat. Disamping mampu mengobati anemia, buah bit juga dapat digunakan sebagai penangkal kanker karena mengandung zat betacynanin. Selain itu buah bit juga membantu meningkatan fungsi otak dan mencegah demensia karena kandungan nitrat yang mampu meningkatkan penyerapan oksigen oleh tubuh. Nah kan, selain enak, red velvet yang menggunakan buah bit juga pastinya sehat. 

Biasanya red velvet pasangannya adalah cream cheese frosting, tapi saat ini saya tidak punya stok cream cheese sehingga untuk frostingnya saya ganti dengan butter cream dan salt caramel. 

Bahan-bahan :

150 g bit, kupas
350 g gula pasir
3 butir telur ayam
100 ml air
450 ml minyak sayur
200 ml buttermilk (dairy product yang agak asam. bila tidak ada : aduk 250 ml susu cair dengan 1 sdm air jeruk nipis. Diamkan 10 menit atau hingga menggumpal)
 
Bahan Kering :

380 g tepung terigu
50 g cokelat bubuk
1½ sdt garam
1 sdt baking powder

Cara Membuat : 
  1. Proses bit bersama air di dalam blender hingga halus. Angkat. Rebus hingga setengahnya. Saring, ambil sebanyak 200 ml. Sisihkan.
  2. Kocok gula dan telur menggunakan mixer berkecepatan tinggi hingga berbuih. Turunkan kecepatan mixer, masukkan air rebusan bit, bahan kering, buttermilk, dan minyak. Aduk perlahan hingga rata.
  3. Memanggang: Tuang ke dalam cetakan cupcake kecil (40 buah) atau besar (20 buah) yang telah diolesi mentega. 
  4. Panggang dalam oven panas bersuhu 180° C hingga matang (± 25 menit).

Butter Cream : 

250 gram mentega putih atau shortening
50 gram tepung whipped cream, dilarutkan dengan 150 ml air bersuhu ruang
1/2 kaleng susu kental manis full cream

Cara Membuat:
  1. Kocok mentega putih sampai lembut dengan mixer kecepatan sedang selama 10 menit.
  2. Campur larutan whipped cream, kocok lagi
  3. Masukkan susu kental manis, kocok sampai semua rata sekitar 5 menit.
Siapkan cupcake, hias dengan butter cream dan sirup salt caramel.